Analisis Penerapan Metode Resitasi Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Peserta Didik Pada Matakuliah Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Supardi Muh Said Universitas Sulawesi Barat Author

DOI:

https://doi.org/10.36339/j-hest.v6i1.158

Keywords:

Metode Resitasi, Hasil Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penggunaan dan dampak penerapan metode resitasi pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Seluruh peserta didik didik prodi Bahasa Inggris merupakan populasi pada penelitian ini. Universitas Sulawesi Barat yang berjumlah 61 orang. Pengumpulan data penelitian dikumpulkan melalui data angket yang disusun dengan memperhatikan indikator yang terkait untuk selanjutnya dibagikan secara langsung kepada peserta didik. Selain menggunakan angket, pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara bersama dosen PAI dan ketua MKDU Pendidikan Agama Islam. Rencana Pembelajaran Semester serta dokumentasi yang didapatkan dari dosen Bahasa Inggris Universitas Sulawesi Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi berada pada kategori terlaksana sepenuhnya, hal ini dapat dilihat dari nilai keterlaksanaan berada pada interval 76%-100%. Metode resitasi pada mata kuliah agama islam sudah sepenuhnya terlaksana dan hasil belajar berada pada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik dominan memiliki skor rentang 80-100 sebanyak 22 dan 23 orang berada pada rentang 66-79.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Analisis Penerapan Metode Resitasi Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Peserta Didik Pada Matakuliah Pendidikan Agama Islam. (2024). Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6(1), 1-7. https://doi.org/10.36339/j-hest.v6i1.158