Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Kahoot dengan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Model Konvensional pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.101Keywords:
Think-Pair-Share, Konvensional, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon (2) untuk mengetahui besar perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) bahwa sig (2-tailed) yakni 0.001 0.05 yang menyebabkan diterima dan ditolak, sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon. Berdasarkan rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen adalah 64,46. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar untuk kelas control adalah 48.12. Sehingga rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol, yaitu 64.46 > 48.12. (2) besarnya perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon 16.34. Pada tabel interpretasi nilai 16.34 sama dengan 84% atau mempunyai perbedaan yang tergolong tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon (2) untuk mengetahui besar perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) bahwa sig (2-tailed) yakni 0.001 0.05 yang menyebabkan diterima dan ditolak, sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon. Berdasarkan rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen adalah 64,46. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar untuk kelas control adalah 48.12. Sehingga rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol, yaitu 64.46 > 48.12. (2) besarnya perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMP Negeri 10 Ambon 16.34. Pada tabel interpretasi nilai 16.34 sama dengan 84% atau mempunyai perbedaan yang tergolong tinggi.
References
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161.
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis metode pembelajaran komunikatif untuk ppkn jenjang sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9-19.
Krisnayanti, N. K. D., Wiarta, I. W., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Niak, Y., Mataheru, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Honai Math, 1(2), 67-80.
Saputra, A. (2014). Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. At-Ta’dib, 4(1), 14-46.
Sarbunan, C. N., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 10-15.
Sayyi, A. (2017). Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Azyumardi Azra. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 20-39.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.