Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Social Skills Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.102Keywords:
Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Social SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan social skills peserta didik antara kelompok yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah True Experimental dengan menggunakan pretest posttest control group design yang dilakukan di SMA Negeri 2 Campalagian. Pada kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metode tutor sebaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket social skills. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini membuktikan bahwa : (1) terdapat peningkatan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai sig sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 (2) penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan social skills peserta didik, dapat dilihat pada hasil posttest kelompok eksperimen social skills mengalami peningkatan sebesar 17,75.
References
Albina, M., & Sutanti, S. (2020). GARNISH : Jurnal Pendidikan Tata Boga Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Patiseri Di SMK Imelda Medan. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga, 4(1).
Alwi, Idrus. (2015).Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2 (2) 140-148.
Erviani, F. R., Sutarto, & Indrawati. (2016). Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan Evaluating (MPIDE) disertai Resume dan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53–59.
Febianti, Y. N. (2019). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), 5. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63/61
Gustiawan, A. (2021). Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Penggunaan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Antusias Siswa SMK dalam Belajar Fisika. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknolog Pembelajaran), 8(1), 101–112. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p101
Kusumah, M. I., Sutisna, & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya ( Peer Teaching ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 33–39.
Lisdiana, A. (2019). Profil Keterampilan Sosial Siswa MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. JIPSINDO, 6(2), 112–130.
Masruri, A. (2021). Metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi gerak lurus. Jurnal Teladan, 6(1), 45–52.
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1899
Qudsi FT, I. (2014). Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran Dan Satuan Fisika. Dinamika Pendidikan, 4(1), 1–10.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta.widy
Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574
Wariani, T., Hayon, V. H. B., & Bria, C. (2017). Hubungan Antara Keterampilan Sosial dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Dasar 1 Mahasiswa Angkatan Tahun 2016/2017 Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unwira Kupang. Seminar Nasional Pendidikan, 317–324.
Widyastuti, P. A., & Widiana, I. W. (2020). Analisis Peran Tutor Sebaya Terhadap Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu. Journal of Education Technology, 4(1), 46. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24083
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.