Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.103Abstract
Dalam proses pembelajaran perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan gagasan, informasi, dan keterampilan-keterampilan yang ada pada peserta didik. Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang perlu dilatihkan kepada peserta didik. Diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk melatihkan keterampilan kolaborasi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel mengenai jenis-jenis model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Seluruh artikel yang dikaji merupakan artikel yang bersumber dari jurnal yang terakreditasi minimal SINTA 4 dan terdapat pula artikel terindeks scopus. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran inovatif dapat melatihkan keterampilan kolaborasi dengan baik. Ditemukan pula bahwa selain model pembelajaran, bahan ajar berupa LKPD juga merupakan hal yang cukup penting untuk melatihkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik.
References
Atun, S., & Latupeirisa, V. P. S. (2021). Science KIT Teaching Aid for the Earthquake in Improving Students’ Collaboration Skills and Creative Thinking in Junior High School. European Journal of Educational Research, 10(1), 187–197.
Dwikoranto, Setiani, R., & Widiasih. (2021). The effect of PjBLL online platform on student collaboration skills and basic science process skills during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2110 (1). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/2110/1/012021/meta
Fahmi, R., Tusa’diah, H., Aswirna, P., & Sabri, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Melalui Penerapan Modul Interaktif Berbasis TTI. Ejournal.Uinib.Ac.Id, 6(2). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1932
Fiska, F. K, Jalmo. T., & Yolinda. B. (2019). Penggunaan Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 93–102. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17286
Irma Erviani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Di Smp Negeri 40 Sinjai. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 31–32. https://etdci.org/journal/jrip/article/view/680
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480/12451
Kanzul, A. M., & , Wachju Subchan1), S. (2022). Pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering, Mathematics) Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 682–689. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/819
Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan Lks Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sd/Mi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1–14. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/3338
Muttaqiin, Arief. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21.Volume 13. Doi.10.37630/jpm.v13i1.819
Novita Sari, F., Indrawati, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ipa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 105–114. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/241
Novia, R, M ., Ratnasari, J., & Ramadhan, B. (2022). Model STEM Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kreatifitas Peserta Didik. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 183–196. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19123
Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/33333
Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/4642
Octaviana, F., Wahyuni, D. & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2332
Pramudiyanti, Nabilla, I. O., & Dina Maulina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, 8(2), 66–75.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/21457
Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2). http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/1521
Pratiwi, H. R., Juhanda.A., & Setiono . (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education 3(2), 111-121. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/7898
Qisthi, N., & Diella, D. (2021). Efektivitas pembelajaran daring berbasis Google Docs terhadap keterampilan kolaborasi Peserta Didik pada konsep Perubahan Lingkungan. 24, 277–294.https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/186
Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Pengembangan Keterampilan KolaboratiF Siswa Melalui Pembelajaran Dengan pendekatan Ethno-Steam Project Konteks Pesapean. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4586
Salasiah, S., Hariyanto, D., Ahini, T., Widhiastuti, A., Adawiyah, R., Erdiningsih, E., Hermansyah, M. A., & Haryono, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1). https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/23726
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.