Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Nurfitra Yanto Universitas Negeri Makassar
  • St. Mutia Alfiyanti Muhiddin Universitas Negeri Makassar
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.103

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan gagasan, informasi, dan keterampilan-keterampilan yang ada pada peserta didik. Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang perlu dilatihkan kepada peserta didik. Diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk  melatihkan keterampilan kolaborasi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel mengenai jenis-jenis model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Seluruh artikel yang dikaji merupakan artikel yang bersumber dari jurnal yang terakreditasi minimal SINTA 4 dan terdapat pula artikel terindeks scopus. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran inovatif dapat melatihkan keterampilan kolaborasi dengan baik. Ditemukan pula bahwa selain model pembelajaran, bahan ajar berupa LKPD juga merupakan hal yang cukup penting untuk melatihkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik.

References

Atun, S., & Latupeirisa, V. P. S. (2021). Science KIT Teaching Aid for the Earthquake in Improving Students’ Collaboration Skills and Creative Thinking in Junior High School. European Journal of Educational Research, 10(1), 187–197.

Dwikoranto, Setiani, R., & Widiasih. (2021). The effect of PjBLL online platform on student collaboration skills and basic science process skills during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2110 (1). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/2110/1/012021/meta

Fahmi, R., Tusa’diah, H., Aswirna, P., & Sabri, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Melalui Penerapan Modul Interaktif Berbasis TTI. Ejournal.Uinib.Ac.Id, 6(2). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1932

Fiska, F. K, Jalmo. T., & Yolinda. B. (2019). Penggunaan Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 93–102. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17286

Irma Erviani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Di Smp Negeri 40 Sinjai. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 31–32. https://etdci.org/journal/jrip/article/view/680

Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480/12451

Kanzul, A. M., & , Wachju Subchan1), S. (2022). Pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering, Mathematics) Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 682–689. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/819

Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan Lks Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sd/Mi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1–14. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/3338

Muttaqiin, Arief. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21.Volume 13. Doi.10.37630/jpm.v13i1.819

Novita Sari, F., Indrawati, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ipa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 105–114. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/241

Novia, R, M ., Ratnasari, J., & Ramadhan, B. (2022). Model STEM Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kreatifitas Peserta Didik. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 183–196. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19123

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/33333

Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/4642

Octaviana, F., Wahyuni, D. & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2332

Pramudiyanti, Nabilla, I. O., & Dina Maulina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, 8(2), 66–75.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/21457

Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2). http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/1521

Pratiwi, H. R., Juhanda.A., & Setiono . (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education 3(2), 111-121. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/7898

Qisthi, N., & Diella, D. (2021). Efektivitas pembelajaran daring berbasis Google Docs terhadap keterampilan kolaborasi Peserta Didik pada konsep Perubahan Lingkungan. 24, 277–294.https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/186

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Pengembangan Keterampilan KolaboratiF Siswa Melalui Pembelajaran Dengan pendekatan Ethno-Steam Project Konteks Pesapean. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4586

Salasiah, S., Hariyanto, D., Ahini, T., Widhiastuti, A., Adawiyah, R., Erdiningsih, E., Hermansyah, M. A., & Haryono, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1). https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/23726

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Yanto, N., Muhiddin, S. M. A., & Arsyad, A. A. (2023). Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 168–177. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.103