Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.106Keywords:
Kemampun Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, PeluangAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampun berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi peluang kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda. Pemillihan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh 6 subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil tes yang diperoleh dari kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan terdapat 3 orang siswa dengan kategori berpikir kritis tinggi, 3 orang siswa dengan kategori berpikir kritis sedang, dan 21 orang siswa dengan kategori berpikir kritis yang rendah. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa berkemampuan kritis yang tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis yang diantaranya adalah interpretsi, analisis, evaluasi dan inferensi. Siswa berkemampuan kritis sedang mampu menuliskan atau memenuhi semua indikator berpikir kritis, meskipun pada setiap tahap tersebut masih terdapat kekurangan dan kesalahan sehingga masih membutuhkan penyempurnaan. Selanjutnya untuk siswa berkemamuan berpikir kritis rendah, siswa kurang mampu dalam menuliskan keempat indikator berpikir kritis dengan lengkap dan benar.
References
Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosda Karya.
Girsang, B., Sinaga, L. E. A., Tamba, G. P., Sihombing, I. D., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment(PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, NICoMSE, 172–180.
Hikmah, N., & Kartika. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(1), 88–94.
Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. PROCEEDINGS OF THE 1st STEEEM, 238–243.
Mawaddah, S., & Anisa, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di Sm. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.
Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nisak, K. S., & Hadi, S. (2015). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Semnasdikta) IAIN Tulungagung, 208–220.
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93.
Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5).
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Sholihah, A. D., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika., 2(2), 175–185. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Sholihah, Z. S., & Afriansyah, A. E. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Musharafa, 6(2), 287–298.
Sina, I. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Analysis SWOT pada Materi Peluang: Penelitian Tindak Lanjut Kelas pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Wanasari. Cakrawala: Jurnal Pendididkan, 6(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabet.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605–612.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.