Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Fahira Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.107

Keywords:

Media Pembelajaran, Video, Kemampuan Menyimak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses penerapan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V di SD Negeri 93 Marana yang terletak di Bulukumba, (2) Mendeskripsikan hasil penerapan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V di SD Negeri 93 Marana Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi empat komponen di antaranya: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 93 Marana Bulukumba yang terdiri atas 9 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video yang bersumber dari YouTube  mampu meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri 93 Marana Bulukumba dibandingkan sebelum menggunakan media video pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata menyimak bahasa Indonesia peserta didik pada siklus I, dan siklus II. Hasil tes siklus I menunjukkan hasil sebesar 65,41%, dengan kategori cukup, hasil nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan siklus II pertemuan pertama sebesar 70,47% hal tersebut juga belum mencapai ketuntasan belajar peserta didik dan masih termasuk kategori cukup. Tetapi kemampuan menyimak peserta didik meningkat pada pertemuan kedua siklus II dengan nilai 87,73%. Nilai 87,73% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan mengalami peningkatan sebesar 17,26%. Hal tersebut dapat disimpulkan, dengan penerapan media pembelajaran berbasis video yang bersumber dari YouTube mampu meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik.

References

Anggraini, V. 2019. Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Arisanti, Y. L. (2019). Penggunaan Akronim dan Singkatan dalam Media Sosial (Jejaring Sosial Facebook di Kalangan Remaja SMA Plus Multazam). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(2).

Hardiah, M. 2019. Improving Students Listening Skill by Using Audio Visual Media. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 7(2), 39-49 https://doi.org/10.29300/lughah.v7i2.1673

Kirana, M. (2016). The use of audio visual to improve listening. English Education Journal, 7(2), 233-245.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1).

Burhan, N. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Saifudin, M. F. (2015). Menumbuhkan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Interaksi di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada, 30-31.

Syafrina, D., Dermawan, T., & Widiati, N. (2017). Implementasi Pembelajaran Menyimak di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 706-713.

Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi. Revisi. Jakarta: PT Indeks.

Wulan, N. S., Mustikaati, W., Azizah, E., Aidilafitri, D., Giyantika, F. N., Anjani, J. F., ... & Yuliawati, Y. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita bagi Siswa Sekolah Dasar di Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 65-70.

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Mulyani, N. F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.107