Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Artikel Populer Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamasa

Authors

  • Jirana Jirana
  • Syamsiara Nur Universitas Sulawesi Barat
  • Mesra Damayanti Universitas Sulawesi Barat
  • Agus Siswanto Wijaya Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.111

Keywords:

Problem Based Learning, Artikel Populer, Literasi Sains

Abstract

Model Problem Based Learning adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan pemberian masalah yang memiliki hubungan dengan dunia nyata, pembelajaran kelompok, merumuskan masalah, mengidentifikasi perbedaan pengetahuan peserta didik, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning melalui artikel populer terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Mamasa.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Mamasa yang berjumlah 245 peserta didik yang terbagi menjadi tujuh kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas IPA 2 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata post-test peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 73.95 dan rata-rata post-test peserta didik pada kelas kontrol sebesar 69.16. Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 4.545. Dengan demikian, nilai t hitung 4.545 > t tabel 1.688, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut  dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning melalui artikel populer literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol di SMA Negeri 1 Mamasa Kabupaten Mamasa.

References

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Dinda N.A, Irwandi, D., & Saridewi, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03

Elyana.H & Nurhaliza.S. (2021). Implementasi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Jurnal inovasi pendidikan sains. 12(1). 1-11.

Harlinda S & Trisia . L. A (2019) Penerapan pembelajaran sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD Hermayanti. (2021). Bidik Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1–36.

Ibda, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Populer pada Mahasiswa Melalui Program Satu Mahasiswa Satu Karya (Sama Saya). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 14(3), 405.

Iyam.M. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII sekolah menegah pertama. Jurnal mosharafa. 7(1). 63-68. http://emosharafa.org/index.php/mosharafa

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45 -53

National, G., & Pillars, H. (2017). Problem based learning dalam kurikulum 2013. p. 47-60 Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Lantanida Journal, 7(1), 75– 86. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/ view/4440/pdf

Risa.H (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Jurnal edusains. 8(1), 90- 97.http.//journal.uinjkt.ac.id/index.php. edusains

Sugiyono,(2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Bandung

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Jirana, J., Nur, S., Damayanti, M., & Wijaya, A. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Artikel Populer Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamasa. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 287–295. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.111