Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Artikel Populer Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamasa
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.111Keywords:
Problem Based Learning, Artikel Populer, Literasi SainsAbstract
Model Problem Based Learning adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan pemberian masalah yang memiliki hubungan dengan dunia nyata, pembelajaran kelompok, merumuskan masalah, mengidentifikasi perbedaan pengetahuan peserta didik, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning melalui artikel populer terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Mamasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Mamasa yang berjumlah 245 peserta didik yang terbagi menjadi tujuh kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas IPA 2 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata post-test peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 73.95 dan rata-rata post-test peserta didik pada kelas kontrol sebesar 69.16. Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 4.545. Dengan demikian, nilai t hitung 4.545 > t tabel 1.688, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning melalui artikel populer literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol di SMA Negeri 1 Mamasa Kabupaten Mamasa.
References
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Dinda N.A, Irwandi, D., & Saridewi, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03
Elyana.H & Nurhaliza.S. (2021). Implementasi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Jurnal inovasi pendidikan sains. 12(1). 1-11.
Harlinda S & Trisia . L. A (2019) Penerapan pembelajaran sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD Hermayanti. (2021). Bidik Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1–36.
Ibda, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Populer pada Mahasiswa Melalui Program Satu Mahasiswa Satu Karya (Sama Saya). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 14(3), 405.
Iyam.M. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII sekolah menegah pertama. Jurnal mosharafa. 7(1). 63-68. http://emosharafa.org/index.php/mosharafa
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45 -53
National, G., & Pillars, H. (2017). Problem based learning dalam kurikulum 2013. p. 47-60 Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Lantanida Journal, 7(1), 75– 86. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/ view/4440/pdf
Risa.H (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Jurnal edusains. 8(1), 90- 97.http.//journal.uinjkt.ac.id/index.php. edusains
Sugiyono,(2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Bandung
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.