Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Stad Materi Satuan Baku Berat di Kelas III SDN 1 Abepura
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.114Keywords:
Metode Pembelajaran STAD, Matematika, Hasil BelajarAbstract
Penelitian perbaikan pembelajaran ini di latarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas III SDN 1 Abepura. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membuat hasil belajar siswa meningkat dalam mengikuti pelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 1 Abepura dengan banyak siswa 17, laki- laki terdiri dari 10 siswa dan perempuan terdiri dari 7 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi aktivitas siswa dan observasi guru. Metode yang dipakai adalah model pembelajaran STAD. Penerapan model STAD pada pelajaran Matematika dengan materi Satuan Baku Berat, dapat menuntaskan hasil belajar hampir seluruh siswa. Bermula hanya 65 % siswa yang tuntas pada siklus satu menjadi 88 % pada siklus dua. Di samping itu juga terjadi peningkatan aktivitas siswa, pada kegiatan pembelajaran siklus satu siswa yang aktif 53 % meningkat menjadi 82 % pada siklus dua. Melalui penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.