Analisis Indeks Prestasi dan Strategi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.115Keywords:
Indeks Prestasi (IP), Strategi BelajarAbstract
Pandemi covid-19 yang terjadi menyebabkan adanya perubahan dalam bidang pendidikan salah satunya perubahan sistem pembelajaran luring menjadi daring. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil indeks prestasi mahasiswa di masa pandemi covid-19, (2) untuk mengetahui mengetahui strategi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19, (3) untuk mengetahui kendala dan hambatan selama mengikuti proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Sulawesi Barat. Subjek penelitian mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018-2019. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumen, angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepercayaan (uji kredibitas), kebergantungan (uji dependability) dan kepastian (uji konfirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil indeks prestasi mahasiswa selama pandemi mengalami peningkatan karena selama pembelajaran daring mahasiswa rajin dalam mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas, punya banyak waktu dalam belajar, fokus mengerjakan tugas, memberikan perlakuan yang sama yaitu misalnya mengerjakan tugas dengan baik, berusaha untuk tetap semangat, aktif dalam berpartisipasi terutama dalam mengerjakan tugas kelompok, rajin bertanya, dan takut mengecewakan orangtua. Keberhasilan dalam mengikuti proses pembelajaran daring membutuhkan strategi belajar untuk mencapai tujuan belajar Tujuan belajar mahasiswa yaitu untuk mendapatkan pengetahuan dengan mempunyai kebiasaan belajar mengulang kembali materi setelah mengikuti proses pembelajaran. Adapun gaya belajar yang digunakan mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran daring adalah dengan cara mencatat materi, memperhatikan (visual) dan merekam (audio) pada saat dosen menjelaskan materi. Namun diawal pandemi motivasi belajar mahasiswa menurun karena mahasiswa belum mampu beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran luring menjadi daring. Selama pembelajaran daring terdapat beberapa kendala diantaranya jaringan kurang stabil, tugas menumpuk, kurangnya kuota internet dan kurangnya fasilitas salah satunya laptop.
References
Abigail, L., Mandala, V. (2020). Analisis Perubahan Kebiasaan Belajar Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin Universitas di Surabaya Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Seminar Nasional Ilmu Terapan V 2020 Universitas Widya Kartika. https://ojs.widyakartika.ac.id/index. php/sniter/article/view/326
Achmad. (2020). Metode Penelitian Bab III. http://repo.uinsatu.ac.id/25544/6/B AB%20III.pdf
Amalia. (2020). Dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia 1,2. 13(2), 214–225. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/3572
Anggresta. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 4(1).
Argaheni. (2020). Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia 8(2). https://jurnal.uns.ac.id/placentum/article/view/43008
Aulia. (2021). [Skripsi] Pembelajaran Berbasis Daring (Online) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Ppkn Universitas Muhammadiyah Makassar.
Chaerunnisa.(2021). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Pemahaman Berhitung Di Masa Pandemi Kelas 2 Sd Negeri 1 Pabuwaran. (Skripsi)
Cintania, S.A., Rosyid, M., Pandu., Ilham, S., Arisandi W., & Gisella, T. (2021). Pengaruh Kuliah Online Pada Ipk Mahasiswa Berdasarkan Survey Nilai Ipk Mahasiswa Menggunakan Metode Distribusi. (Skripsi).
Erni. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring (Online). (Skripsi) .
Engel (2022). Hubungan Antara Aspek Kesehatan Mental dan Persepsi Tentang Pembelajaran Daring Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Maupun Mahasiswi di Fakultas Kedokteran HKBP Nommensen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6(1), 54–62.
Dzalila, L. A., Ananda, S., Zuhri. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Si gnal/article/view/3518
Fatimah. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar (Skripsi).
Fatimah. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108.
Fauzi. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Vol. 2 No. 2 Desember 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/download/3210/2 754.
Harapani. (2020). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Mahasiswa. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/104
Hardianto. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selam Pandemi Covid-19 di SMPN Satap 1 Ladongi. Dosen Program Studi Administrasi Universitas Muhammadiyah. https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/2485
Hasanah, H., Fadiyah, L., Muzayyanah, T., Hasanah, R., Lindasari., Utama, D. L., Samak, L., Nurlia., Noviyah, I., & Suheri. (2018). Analisis Hasil Belajar Dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso. 5(2), 29–39.
Hilmiatussadiah. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, Vol.1(2), 66–69.
Hodsay. (2015). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswaantara Gaya Belajar Visual , Auditorial Dan Kinestetik Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas PGRI Palembang. 73– 86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.