Analisis Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis

Authors

  • Rasydah Nur Tuada Universitas Sulawesi Barat
  • Aulia Rahmadhani Universitas Sulawesi Barat
  • Faizal Faizal Universitas Sulawesi Barat
  • Bilferi Hutapea Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.117

Keywords:

Tekanan Hidrostatis, Paradox Hidrostatis, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep calon guru fisika pada materi Tekanan Hidrostatis. Penelitian ini menggunakan mixed methods explanatory design, dengan kualitatif deskriptif sebagai teknik analisis data. Responden terdiri dari 16 mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Sulawesi Barat angkatan 2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essai dengan jumlah 3 soal dan wawancara. Adapun indikator soal yang digunakan adalah 1) Konsep Tekanan Hidrostatis berdasarkan jenis zat cair, 2) Konsep Tekanan Hidrostatis berdasarkan tekanan atmosfer, 3) Konsep Paradox Hidrostatis. Berdasarkan hasil yang diperoleh masih banyak mahasiswa yang memiki pemahaman konsep yang rendah terkait materi tekanan hidrostatis. Pemahaman yang di peroleh terbatas pada tekanan yang ada pada suatu cairan adalah sama tanpa mempertimbangkan massa jenis cairan tersebut. Pengaplikasian persamaan tekanan hidrostatis berkaitan dengan tekanan atmosfer masih kurang dipahami, mahasiswa mengalami kendala dalam konsep ruang vakum dan memiliki udara. Sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa tekanan hidrostatis berbanding terbalik dengan luas wadah fluida, sehingga semakin besar luas wadah maka tekanan hidrostatis semakin kecil. Dalam banyak konteks mahasiswa menyamakan tekanan dengan massa jenis.

References

Darmawan, A., Ramadhana, Z., Hadi, P., & Suryudi, A. (2019). Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru pada Topik Usaha dan Energi melalui Representasi Grafik. J Inov Pendidik Fis dan Integr, 2(2), 41-54.

Docktor, J.L. & Mestre, J. (2014). Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, X (2): 020119.

Ghofur, M. K. A., & Taqwa, M. R. A. (2021). Analisis level pemahaman konsep tekanan hidrostatis mahasiswa calon guru fisika dengan four-tier test. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 903-912.

Goszewski, M., Moyer, A., Bazan, Z., & Wagner, D. J. (2013, January). Exploring student difficulties with pressure in a fluid. In Aip conference proceedings (Vol. 1513, No. 1, pp. 154-157). American Institute of Physics.

Koes-H, S., Muhardjito, M., & Wijaya, C. P. (2018, January). Scaffolding for solving problem in static fluid: A case study. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1923, No. 1). AIP Publishing.

Nurbani, A. R., Siahaan, P., & Amsor, A. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Kelas Xi Sma Pada Materi Fluida Statis Melalui Penerapan PETA KONSEP. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(3), 19-24.

Prastiwi, V. D., Parno, P., & Wisodo, H. (2017). Profil Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Purwanto, M. G., Nurliani, R., Kaniawati, I., & Samsudin, A. (2018, May). Promoting the hydrostatic conceptual change test (HCCT) with four-tier diagnostic test item. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.

Sari, W.P, Suyanto,E & Suana,W. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Vektor Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol. 6, No.2. Hal. 159-168.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.

Wartono, Saifullah, A.M & Sugiyanto. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. VOLUME 23, NOMOR 1.

Zulfa, S. I., Nikmah, A., & Nisak, E. K. (2020). Analisa Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 24(1), 24-29.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Tuada, R. N., Rahmadhani, A., Faizal, F., & Hutapea, B. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 324–328. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.117