Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare

Authors

  • St. Maryam M Universitas Negeri Makassar
  • Zaid Zainal Universitas Negeri Makassar
  • Sari Bunga Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.13

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Proses Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare belum mencapai SKBM. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian yaitu guru dan siswa yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik (B) dan observasi aktivitas siswa dengan kategori cukup (C) dengan hasil tes belajar dengan kategori cukup (C). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik (B) dan observasi aktivitas siswa meningkat dengan kategori baik (B) dengan hasil tes belajar mengalami peningkatan dengan kategori baik (B). Simpulan penelitian ini adalah penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare

References

Akhyar, Y., Murtiningsih, Zalisman, Ramadhan, S., & Rahayu, E. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 4, 19–26.

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halik, A., Sultan, M. A., & Zainal, Z. 2017. Efektifitas Penerapan Cooperative Scrift dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. 7(2), 173.

Haryati, A., & Kamal, M. 2016. Penggunaan Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Islam, 4(1), 47-60.

Hasmyati, Suwardi, & Arafah, A.A. 2018. Effective Learning Models In Physical Education Teaching. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayati, I., Deswita, H., & Afri, L. E. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Ujung Batu. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–6.

Ilmi, N., Hakim, A., & Fajar. 2021. PKM Pelatihan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 12 Parepare. Jurnal Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021 "Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19", 170-171.

Jaya, P., Waridah, & Ason, Y. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal pendidikan Dasar. Vol.4(1).

Lefudin. 2014. Belajar & Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Lianingsih, F., & Miyanti, I. N. 2019. Super Modul Matematika. Jakarta: PT Grasindo.

Maryam, S. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(3), 199–208.

Mardiyah, A., Pasinggi, Y., & Shasliani. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jounal of Education, 1(1), 197–210.

Mu'alimin., & Cahyadi, R. A. H. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Purba, P. B., Juliana, A. T. M., Kuswandi, S., Sitopu, I. L. H. J. W., Yuniwai, A. N. P. I. Y., & Masrul. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.

Rahman, T. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Rivai, S., & Mohamad, F. D. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 695–712.

Siagian, M, D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matermatika. 2(1), 63.

Sugiarto, T. 2020. E-Learing Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. books.google.co.id.

Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Publikasi Pendidikan. Vol. 20(20): 3.

Susilawati, D. 2018. Tes dan Pengukuran. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Triastuti, K. 2020. Buku Pendamping Siswa Cesdas Modul Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Umrati, & Wijaya, H. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Zainal, Z., & M Maryam, S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Eample Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kexlas II SDN 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 1–7.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

M, S. M., Zainal, Z., & Bunga, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 26 Parepare. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.13

Most read articles by the same author(s)