Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Mesra Damayanti Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Mifta Fausan Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v1i1.15

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group desaign, terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran berbasis problem solving dengan pembelajaran langsung sebagai variabel bebas dan hasil belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 112, pengambilan sampel secara random terpilih kelas  biologi A dan C. Setelah pemberian tes hasil belajar, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa model pembelajaran berbasis problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat.

References

Dahar, R.W. 2001. Teori Beajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djaali. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPS Universitas Jakarta

Djamarah, Syaiful & Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Joice & Weil. 2010. Models Of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Mariati, P.,S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. UNIMED Medan. ISSN 1693-1246 hal 152-160.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rismah. 2014. Pengaruh Model pembelajaran terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Minat Belajar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: rajawali Press.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R& D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup

Uno, Hamzah. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. 2014. Strategi pembelajaran Inovatif kontemporer . Jakarta: Bumi Aksara.

Rismah. 2014. Pengaruh Model pembelajaran terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Minat Belajar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Yamin, M. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referensi Press group

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Damayanti, M., & Fausan, M. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa . J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.36339/jhest.v1i1.15