Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v1i1.15Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Solving, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group desaign, terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran berbasis problem solving dengan pembelajaran langsung sebagai variabel bebas dan hasil belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 112, pengambilan sampel secara random terpilih kelas biologi A dan C. Setelah pemberian tes hasil belajar, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa model pembelajaran berbasis problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat.
References
Dahar, R.W. 2001. Teori Beajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Djaali. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPS Universitas Jakarta
Djamarah, Syaiful & Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Joice & Weil. 2010. Models Of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Mariati, P.,S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. UNIMED Medan. ISSN 1693-1246 hal 152-160.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rismah. 2014. Pengaruh Model pembelajaran terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Minat Belajar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: rajawali Press.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R& D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup
Uno, Hamzah. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2014. Strategi pembelajaran Inovatif kontemporer . Jakarta: Bumi Aksara.
Rismah. 2014. Pengaruh Model pembelajaran terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Minat Belajar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Yamin, M. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referensi Press group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.