Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare

Authors

  • Zaid Zainal Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mukhlisa Universitas Negeri Makassar
  • Nur Azizah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.3

Keywords:

Model Kooperatif Take and Give, Proses Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give siswa kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Subjek Penelitian ini adalah guru dan siswa yang terdiri dari 14 orang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklus  terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 70,83% dengan kategori cukup, dan observasi aktivitas siswa 63,98% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas  guru menjadi 87,5% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 82,44 dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I hanya 57,14% siswa yang tuntas dengan rata-rata 60,71. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,71% siswa yang tuntas dengan rata-rata 78,55. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare.

References

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan 14. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Halik, A., Sayidiman, & Sultan, M., A. 2017. Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Kampus V UNM PGSD Parepare pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(1), 25-30.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Nirmayanti, & Desyandri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Menggunakan Model Take and Give di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut, Kota PadanPeningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Menggunakan Model Take and Give di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 44-57.

Kurniawan, A. 2011. Penerapan Metode Take and Give Berbasis Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Gayamdompo. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Musfirah, Nurul, M., & Nur F. 2020. Penerapan Model Take and Give pada Pembelajaran Tema 2 tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721, 1-7

Yanuar, E., & Pranata, O. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Take and Give dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 190-194

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Zainal, Z., Mukhlisa, N., & Azizah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 4(2), 99–103. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.3

Most read articles by the same author(s)