Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Soal Literasi Membaca dan Olabs Pada Materi Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.36339/157Keywords:
Modul Pembelajaran, Literasi Membaca, OlabsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika terintegrasi soal literasi membaca dan Olabs pada materi hukum Newton yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari validitas yaitu menggunakan validator, kepraktisan menggunakan Guru fisika dan peserta didik kelas X MIPA, dan keefektifan menggunakan peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tapalang yang berjumlah 30 orang. Tahap penelitian ini dimulai dari tahap Pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Modul pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata sebesar 94,39%. Selanjutnya, hasil uji coba pada kriteria praktis yaitu angket respon peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 84,90%. dan angket respon guru dengan nilai rata-rata sebesar 88,77%. Pada kriteria efektif dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang dikategorikan efektif. Dari ketiga hasil kriteria tersebut, maka modul yang dkembangkan memenuhi kriteria kelayakan.