Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Soal Literasi Membaca dan Olabs Pada Materi Hukum Newton

Authors

  • Nur Aisyah Humairah Universitas Sulawesi Barat Author
  • Musdar M Universitas Sulawesi Barat Author
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Sulawesi Barat Author
  • Hardi Hamzah Universitas Cenderawasih Author
  • Mutmainna Mutmainna Universitas Sulawesi Barat Author
  • Asliah Z Labaran Universitas Sulawesi Barat Author

DOI:

https://doi.org/10.36339/157

Keywords:

Modul Pembelajaran, Literasi Membaca, Olabs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika terintegrasi soal literasi membaca dan Olabs pada materi hukum  Newton  yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari validitas yaitu menggunakan validator,  kepraktisan menggunakan Guru fisika dan peserta didik kelas X MIPA, dan keefektifan menggunakan peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tapalang yang berjumlah 30 orang. Tahap penelitian ini dimulai dari tahap Pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Modul pembelajaran  yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid  dengan nilai rata-rata sebesar 94,39%. Selanjutnya, hasil uji coba pada  kriteria praktis yaitu angket respon peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 84,90%. dan angket respon guru dengan nilai rata-rata sebesar  88,77%. Pada kriteria efektif dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang dikategorikan efektif. Dari ketiga hasil kriteria tersebut, maka modul yang dkembangkan memenuhi kriteria kelayakan.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Soal Literasi Membaca dan Olabs Pada Materi Hukum Newton. (2024). Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6(1), 15-24. https://doi.org/10.36339/157