Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare

Authors

  • Kamaruddin Kamaruddin Universitas Negeri Makassar Author
  • Nur Azizah Universitas Negeri Makassar Author
  • Wawan Krismanto Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.36339/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare. Penelitian ini mempergunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain non-equivalent control group design dalam bentuk Quasi Experimental. Jenis teknik sampling yang dipergunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Teknik penghimpunan data yang dipergunakan yaitu tes dengan berbentuk pilihan ganda. Analisis data mempergunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif didapatkan dari hasil belajar siswa pada materi peristiwa perlawanan terhadap Belanda. Hasil analisis dengan mempergunakan uji independent sample t-test mengungkapkan sig (2-tailed) < 0,05 (0,003 < 0,05) maka  ditolak dan  diterima. Sehingga, berkesimpulan bahwasanya model pembelajaran Market Place Activity berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi peristiwa perlawanan terhadap Belanda di kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare. (2024). Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6(2), 206-213. https://doi.org/10.36339/