Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.36339/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare. Penelitian ini mempergunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain non-equivalent control group design dalam bentuk Quasi Experimental. Jenis teknik sampling yang dipergunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Teknik penghimpunan data yang dipergunakan yaitu tes dengan berbentuk pilihan ganda. Analisis data mempergunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif didapatkan dari hasil belajar siswa pada materi peristiwa perlawanan terhadap Belanda. Hasil analisis dengan mempergunakan uji independent sample t-test mengungkapkan sig (2-tailed) < 0,05 (0,003 < 0,05) maka ditolak dan diterima. Sehingga, berkesimpulan bahwasanya model pembelajaran Market Place Activity berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi peristiwa perlawanan terhadap Belanda di kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare.