Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar Author
  • St. Maryam M Universitas Negeri Makassar Author
  • Winni Jayanti Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.36339/

Abstract

Penelitian memiliki tujuan guna memahami  peningkatan proses maupun hasil belajar siswa terkait penyajian data mempergunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian mempergunakan model pendekatan kualitatif memakai jenis penelitian yaitu PTK. Penelitian berfokus terhadap hasil beserta proses. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 55 Parepare mempergunakan subjek penelitian yakni guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 20 peserta didik mencakup sebelas siswa laki-laki maupun sembilan siswa perempuan. Penelitian dilakukan sejumlah 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, beserta perefleksian. Berdasarkan pelaksanaannya didapatkan data yang dilakukan pengumpulan mempergunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Hasil pembelajaran siklus I membuktikan indikator keberhasilan meraih kategori C (cukup) dan siklus II hasil pembelajaran sudah meraih kategori B (baik). Dengan begitu bisa disimpulan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Teams Games Tournament bisa meningkatkan proses maupun hasil belajar siswa di kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. (2024). Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6(2), 240-249. https://doi.org/10.36339/