Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII di SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar

Authors

  • Anisa Harlina Universitas Negeri Makassar Author
  • Rifda Nur Hikmawati Arif Universitas Negeri Makassar Author
  • Salma Samputri Universitas Negeri Makassar Author
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo Author

DOI:

https://doi.org/10.36339/

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif metode penelitian ini menggunakan metode survey. Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mengetahui tingkat keterampilan  berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII di SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 89 peserta didik. Sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh sehingga penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan  sebagai sampel dan jumlah sampel penelitian adalah 89 peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen soal keterampilan berpikir kritis berjumlah 15 soal. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian tes secara langsung. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis berada pada kategori “rendah” dengan rata rata nilai sebesar   39,78.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII di SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. (2024). Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6(2), 145-150. https://doi.org/10.36339/