Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa FKIP Universitas Sulawesi Barat
DOI:
https://doi.org/10.36339/Keywords:
Metode Tahsin, Kemampuan Membaca Alqur’anAbstract
Kurangnya kemampuan membaca Alqur’an sesuai tajwid oleh mahasiswa baru di FKIP Unsulbar menjadi masalah tersendiri yang harus dicarikan solusi oleh dosen Pendidikan Agama Islam sehingga pada akhirnya bekerjasama dengan salah satu UKM keagamaan di Unsulbar yaitu UKM LDK Al-Qalam untuk menerapkan salah satu metode pembelajaran dalam memperbaiki bacaan Alqur’an yaitu menerapkan metode tahsin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an mahasiswa FKIP Unsulbar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tahsin dalam pembelajaran Alqur’an mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan kemampuan para mahasiswa untuk membaca Alqur’an dengan lebih baik dan benar sesuai tajwid jika dibandingkan pada awal mereka belajar dengan metode tahsin tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran Al-Qur’an yang berupa tulisan untuk pemahaman teori dan lisan untuk praktek langsung dalam membaca Alqura’an sesuai tajwid.