Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV UPTD SD Negeri 145 BARRU
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.58Keywords:
Numbered Head Together (NHT), Statistika, Hasil BelajarAbstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian pada siklus I untuk proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan untuk tes hasil belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Hasil penelitian siklus II untuk proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan untuk tes hasil belajar pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi Statistika dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 145 Barru
References
Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Cv. Jejak.
Djamarah, S.B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djumingin, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fahmi N, Budi H, dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah. Jawa Barat: Edu Publisher.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Manullang, M. 2014. Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 21 (2): Hal 209.
Maryam M, St. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Simeti Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 11 (3): 199-204.
Sani, R, A. dan S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Santiana N,L,P,M . Dewa N,S . Garminah N,N. 2014. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar di desa alasangker. Journal mimbar pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 (1): hal. 3
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet
Suwendra, W. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Nilacakra.
Ulvah, S., & Afriyansyah, E. A. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau melalui Model pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.