Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV UPTD SD Negeri 145 BARRU

Authors

  • St. Maryam M Universitas Negeri Makassar
  • Hasnah Hasnah Universitas Negeri Makassar
  • Elian Yurika Mengkanna

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.58

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), Statistika, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.  Subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian pada siklus I untuk proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan untuk tes hasil belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Hasil penelitian siklus II untuk proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan untuk tes hasil belajar pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi Statistika dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 145 Barru

References

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Cv. Jejak.

Djamarah, S.B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumingin, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fahmi N, Budi H, dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah. Jawa Barat: Edu Publisher.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Manullang, M. 2014. Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 21 (2): Hal 209.

Maryam M, St. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Simeti Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 11 (3): 199-204.

Sani, R, A. dan S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santiana N,L,P,M . Dewa N,S . Garminah N,N. 2014. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar di desa alasangker. Journal mimbar pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 (1): hal. 3

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet

Suwendra, W. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Nilacakra.

Ulvah, S., & Afriyansyah, E. A. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau melalui Model pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

M, S. M., Hasnah, H., & Mengkanna, E. Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV UPTD SD Negeri 145 BARRU. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.58