Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Authors

  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Makassar
  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar
  • Naila Azzahra Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.6

Keywords:

Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru belum mencapai SKBM. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan proses belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, pada siklus I hasil observasi guru pada kategori (B), hasil observasi siswa pada kategori (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 67%. Pada siklus II hasil observasi guru pada kategori baik (B), hasil observasi siswa pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 83%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.

References

Budiyanto, A. K. 2016. SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Contered Learning (SCL). Malang: Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia.

Darmawan, E. Yusnaeni. Nur, I. Rizhal, H. R. 2021. Strategi Belajar Mengajar. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Dewi, S. S., Uswatun, D. A, & Sutisnawati, A. 2020. Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas Tinggi. Jurnal Utile. Vol. VI(1): 86.

Hakim, A. Israwaty, I. & Rustam, D. H. 2021. Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban , Hak dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10, 1-6.

Haryanti, D. Y. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Mnggunakan Model Cooperative Learning Type Inside Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 2(2): 98.

Kastining, N. W. S. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research. Vol. 1(2): 84-88.

Ningsih, S. Y & Susi, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Matematics Education and Science. Vol. 2(2): 88-94.

Rahman, T. 2018. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Sri, L. Ma’ruf, M. H. & Tho’in, M. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika. Vol. 1(01): 1-8.

Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10.

Sutarna, N. & Dian, K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Bambo Dancing (Tari Bambu) Terhadap Hail Belajar IPS Siswa SDN 1 Cipedas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vil. 2(2): 252-255.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (2012). Jakarta : Depdiknas.

Uno, Hamzah & Mohammad, N. 2015. Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Mudarrisuna. Vol. 7(2): 267.

Zaini, H. 2015. Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, Vol. 1(01): 15-31.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Nurjannah, N., Israwaty, I., & Azzahra, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 4(2), 115–121. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.6

Most read articles by the same author(s)