Peran Dosen Pembimbing Skripsi dalam Proses Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v4i1.63Keywords:
Peran Dosen, Pembimbingan SkripsiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi secara mendalam atas fenomena yang diangkat/ diamati yaitu bagaimana peran guru dalam membimbing mahasiswa mengerjakan karya ilmiah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang melakukan penyelesaian tugas akhir tahun akademik 2020/2021, yang berjumlah 3 orang, dan 2 orang dosen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1984). Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa peran dosen pembimbing secar keseluruhan sudah dilakukan. Pada perannya dalam membimbing menentukan masalah penelitian, dosen pembimbing sudah mengarahkan mahasiswa untuk melakukan observasi dan mengidentifikasi masalah awal sesuai dengan topik yang ingin diteliti. Selanjutnya untuk peran dosen dalam membuat BAB II hingga BAB V juga sudah dilakukan. Pada tahap pembimbingan ini didapatkan informasi bahwa mahasiswa masih terkendala dalam menentukan kajian teori sehingga dosen memberikan arahan dan bimbingan bahwa teori bukan sekedar pendapat pakar namun lebih kepada uraian lengkap tentang variabel atau topik yang akan diteliti. Demikian juga pada metodologi penelitian dosen mengarahkan mahasiswa sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih berdasarkan masalah yang diangkat. Selanjutnya untuk hasil dan pembahasan dosen memberikan pembimbingan cara menyajikan hasil penelitian dan cara membahasnya melalui cara interpretasi nilai dari data-data yang diperoleh. Selanjutnya peran dosen pembimbing dalam mengarahkan mahasiswa mengenai sistematika penulisan karya ilmiah yang baik dan benar juga sudah dilakukan. Mulai dari pengenalan bagian-bagian karya ilmiah hingga cara membentuk struktur kalimat yang benar, penggunaan tanda baca, konjungsi hingga Teknik penulisan kutipan. Selanjutnya peran dosen pembimbing dalam memotivasi mahasiswa mengerjakan karya ilmiah juga dilakukan dosen dengan cara yang berbeda-beda. Ada dengan cara memberikan nasehat-nasehat, memberikan dukungan waktu, tenaga maupun materi berupa buku referensi untuk dipelajari
References
Andriani, N dan Wibawanta, B. 2020. Peran dosen pembimbing sebagai pemimpin yang melayani dalam pembimbingan tugas
Arifin, E. Zaenal, 2008. Dasar- Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyati, RM. 2012. Survey kinerja dosen pembimbing skripsi dan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi stie malangkucecwara. Jurnal dinamika akuntasi. 4(2). 121-128
Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Saefullah, 2015. Prinsip dasar penyusunan dan penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.