Penerapan Model Pembelaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 001 Ranteliang Kab. Mamasa

Authors

  • Zaid Zainal Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Putri Milaniagara Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.70

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, Proses belajar, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasabelum mencapai SKBM. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran koopereatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses matematika siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa dan apakah penerapan model pembelajaran pembelajaran koopereatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran koopereatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses matematika siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran koopereatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualtitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian yaitu guru dan siswa yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru dengan kategori cukup ( C) dan observasi aktivitas siswa dengan kategori ( C) dengan hasil tes belajar dengan kategori ( C). Sedangkan pada siklus mengalami peningkatan yang menunjukkan hasil observasi aktivitas guru dengan kategori(B) dan observasi aktivitas siswa dengan kategori ( B) dengan hasil tes belajar dengan kategori ( B). Simpilan peneltian ini adalah penerapan model pembelajaran koopereatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa.

References

Hermawan, Heri, Paloloang, Baharuddin, dan Sukayasa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajugan Pada Operasi Hitung Campuran. Jurnal Kreatif Tadulako Online 4(9): 44–60.

Mu'alimin., & Cahyadi, R. A. H. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Supriyotno. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Zainal, Z., Hakim, A., & Milaniagara, P. . (2022). Penerapan Model Pembelaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 001 Ranteliang Kab. Mamasa. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 129–138. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.70

Most read articles by the same author(s)