Penggunaan Bahasa Persuasif Dalam Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Televisi

Authors

  • Muslika Sari Universitas Negeri Makassar
  • Usman Pahar Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani Hasriani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.72

Keywords:

Bahasa persuasif, Sosialisasi, Protokol kesehatan Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa persuasif yang digunakan dalam sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di televisi dan mendeskripsikan fungsi penggunaan bahasa persuasif dalam sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menyimak dan mencatat penggunaan bahasa persuasiff yang terdapat dalam sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 yang tayang di televisi melalui situs youtube. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari program berita di televisi berupa bentuk dan fungsi bahasa persuasif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik pengamatan, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen pokok yaitu peneliti sendiri. Hasil penelitian ditemukan bentuk bahasa persuasif dalam sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di televisi dan fungsi penggunaan bahasa persuasif dalam sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di televisi. Bentuk (1) Kalimat Imperatif mengandung maksud memerintah, (2) Kalimat Introgatif mengandung maksud menanyakan, dan (3) Kalimat Deklaratif mengandung maksud memberitakan. Fungsi persuasif adalah penggunaan bahasa yang bersifat mempengaruhi atau mengajak orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal secara baik-baik

References

Juwita, R., Agustin, P., & Astuti, C. W. (2018). Bahasa Persuasif Pada Iklan Kosmetik Di Televisi. 51–56.

Piang. (2017). Pengunaan Bahasa Persuasif Pada Iklan Sabun Cuci Di Televisi.

Tang, R. dan M. R. (2021). Analisis Diksi Persuasif Pada Iklan Layanan Masyarakat Protokol Kesehatan Covid-19 di Kabupaten Soppeng. 128–135.

Vera Yoyeti Br Nainggolan, Muhammad Yakob, P. N. (2019). Penggunaan Bahasa Persuasif Dalam Iklan Niaga Bergambar Pada Surat Kabar Serambi Indonesia Tahun 2019. 26–40.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sari, M., Pahar, U., & Hasriani, H. (2022). Penggunaan Bahasa Persuasif Dalam Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Televisi. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.72