Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 58 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.73Keywords:
Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran visual yang dapat meningkatkan proses belajar pada mata pelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang di kelas V UPTD SD Negeri 58 Parepare. dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran visual dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V UPTD SD Negeri 58 Parepare. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas V berjumlah 12 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori C, untuk hasil observasi siswa berada pada kategori B dan hasil tes belajar matematika siswa menunjukkan ketuntasan dikategori K. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori B, untuk hasil observasi siswa berada pada kategori B dan hasil tes belajar matematika siswa menunjukkan ketuntasan dikategori B. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran visual dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 58 Parepare.
References
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 125–131.
Hasanuddin. (2015). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas III MI Miftahul Hidayah Pondok Gede Kota Bekas. Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Banten : LKP Setia Budhi.
Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 38–44.
Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.
Maisarah. (2020). PTK dan Manfaat Bagi Guru. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.
Musfirah, Latif, S., & Burhan, I. (2019). Reality Counseling With Wdep System : Alternative Handling Of Problem Student Based On Era Digital 4.0 Shools. ISCTEE.
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–40.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta : Deepublish.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2009, 1–9.
Septantiningsih, N., Dhofir, M., & Husan, W. M. (2020). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Klaten : Lakeisha.
Zainal, Z., & Maryam, S. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ssiswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Matematics Education and Science, 5, 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.