Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 SMA Negeri 3 Polewali

Authors

  • Sainab Sainab universitas sulawesi barat
  • Nur Iftita RH Universitas Sulawesi Barat
  • Firdaus Firdaus Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.78

Keywords:

Pembelajaran Daring, Kendala Covid-19

Abstract

 

Akibat penularan Covid-19 yang sangat cepat, pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat kendala yang dihadapi guru biologi serta siswa kelas XI MIPA 2 selama beradaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan penelitian 1) Mengetahui kendala yang dihadapi guru biologi dalam persiapan, pelaksanaan serta evaluasi selama pembelajaran daring 2) Mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas XI MIPA 2 dalam persiapan, pelaksanaan serta evaluasi selama pembelajaran daring 3) Mengetahui solusi yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian yaitu 1) Kendala yang dihadapi guru biologi yaitu kendala menyesuaikan pembuatan RPP dimasa sekarang, jaringan internet kurang stabil, kurangnya dukungan orang tua, belum menguasai penggunaan teknologi, kesehatan guru terganggu, kendala pada penggunaan aplikasi belajar, sulit mengawasi karakter siswa, mengukur keterampilan/sikap siswa menjadi terbatas dan beberapa kendala pada tugas. 2) Kendala yang dihadapi siswa kelas XI MIPA 2 yaitu jaringan internet kurang stabil, harga paket data yang mahal, kendala pada penggunaan aplikasi, konsentrasi belajar siswa kurang, siswa kurang interaktif, penyerapan materi pelajaran sedikit dan banyaknya tugas yang diberikan guru 3) Solusi untuk mengatasi kendala pembelajaran daring yaitu sekolah melaksanakan pelatihan penggunaan teknologi, menyediakan Wi-fi secara gratis, wali kelas bekerja sama dengan orang tua serta guru mata pelajaran yang lain mengenai perkembangan belajar siswa, mengurangi penggunaan smartphone, menggunakan aplikasi yang mudah digunakan, guru membuat materi pembelajaran semenarik mungkin, memberikan bantuan paket data serta memberikan kebijakan untuk mengerjakan tugas.

 

Kata kunci – Pembelajaran Daring, Kendala Covid-19.

 

References

Anshori, I., Zahro & Illiyyin, U. (2020). Dampak covid-19 terhadap proses pembelajaran di Mts Al Asyhar Bungah Gresik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2614-8846.

Apriliana, N. (2020). Problematika pembelajaran daring pada siswa kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Bramastia, & Purnama, E. (2021). Program bantun kouta belajar kemendikbud di masa pandemi. EPISTEMA. 2 (1), 11-22.

Diva, A. S, Chairunnisa, A. A & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Current Research in Education: Conference Series Journal.1 (1), 1-10.

Fajrin, N. D & Wulandari, S. (2021). Kendala dan solusi pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 di ekolah dasar se-pulau Madura. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 6 (4), 874-889.

Jamadi. (2021). Problematika pembelajaran daring dan solusinya studi kasus di SMKN 4 Yogyakarta. 1 (1), 78-88.

Kristina, M., Sari, R. N., Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, 4 (2), 200-209.

Mahpudin, P. (2021). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis google clasroom. Jurnal Aksioma Af-Diniyyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies. 9 (1), 45-56

Mawardi. 2019. Optimalisasi kompetensi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika. 20 (1), 69-82.

Muhammad, M. (2017). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 004 tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6 (1), 242-251

Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (3), 265-266.

Pratiwi, E. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah prguruan tinggi kristen di indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. 34 (2).

Putri, A, K., Reynanda, S. A & Raisa, R. R. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap kesehatan mata di masa pandemi. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat. 3 (2)

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 5 (2), 117-133.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmu (JKI). (1), 75.

Syahputra, G., Boy, A. F & Nugroho, N. B. (2021). Penerapan metode levenshtein distance dalam mendeteksi hasil jawaban peserta kelas daring dengan teknik web scraping manual. Jural Saintikom. 20 (1), 14-19.

Wahyono, W., Husamah, H & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi covid-19: Reviw implementasi, tantangan dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. 1 (1), 51-65.

Wulandari, Santoso, & Ardianti , S. (2021). Tantangan digitalisasi pendidikan bagi orang tua dan anak di tengah pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (6), 3839-3851.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sainab, S., RH, N. I., & Firdaus, F. (2022). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 SMA Negeri 3 Polewali. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.78