Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.8Keywords:
Pendekatan Accelerated Learning, Hasil Belajar Matematika Bangun RuangAbstract
Studi ini menalaah penerapan pendekatan Accelerated learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan,kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi,refleksi.Untuk mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang siswa 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus hasil observasi aktivitas guru yaitu 66,66% dengan kategori cukup,dan observasi aktivitas siswa 62,84% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatakan hasil observasi aktivitas guru menjadi 100% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 78,97% dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar,pada siklus I hanya 47,61% siswa yang tuntas dengan rata-rata 62,00. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,47% siswa yang tuntas dengan rata-rata 86,47. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan Accelerated learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Tonronge.
References
Edo, & Bawono. (2015). Pengaruh Metode Accelerated Learning. 3(1), 69–77.
Kusumaningrum, E. (2021). Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak (2021st ed.). Jejak Pustaka.
Maylina, Esther, & Sofyan, H. (2013). Penerapan Accelerated Learning Dengan Pendekatan Savi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Nurmala, I., Muthmainnah, R., Siswantara, P., Salim, L., Devi, Y., Ruwandasari, N., Putri, T., & Pratiwi, A. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik Mental dan Sosial (2020th ed.). Airlangga University Press.
Pramudiani, H., Widianti, T., & Peniati, E. (2014). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education, 3(2), 164–171. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujb
Putra, R. W. Y. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.