Peranan Alat Peraga Terhadap Pemikiran Inkuiri Siswa

Authors

  • Achmad Dzikri Fadholi Robbi
  • Lutfiah Hafifatul Jannah Universitas Jember
  • Nala Fauziyah Universitas Jember
  • Rina Dian Novianti Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.85

Keywords:

Alat Percobaan, Pemikiran Inkuiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan alat peraga terhadap pemikiran inkuiri siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kajian pustaka. Metode kajian pustaka adalah kumpulan teori-teori referensi yang menjadi dasar dalam sebuah penelitian serta menjawab secara teori tentang permasalahan dari sebuah ide pokok penelitian. Alat peraga  merupakan salah satu media pembelajaran siswa dalam melakukan sebuah eksperimen yang didalamnya siswa berperan aktif serta menuntut siswa menghubungkan suatu percobaan dengan suatu teori yang ada. Dalam melakukan suatu eksperimen atau praktikum siswa dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun kemampuan kerja sama dalam kelompok, hal tersebut sesuai dengan model pembelajaran inkuiri.

References

Heksa, A. 2020. Pembelajaran Inkuiri Di Masa Pandemi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1-12.

Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209686.

Musa, L. 2018. Alat Peraga Matematika. Makassar: Aksara timur.

Nurbaya, C. B., Yuliati, L., & Sutopo, S. (2019). Penguasaan Konsep Fluida Dinamis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam STEM. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 510-515.

Pratiwi, W. (2018). Optimalisasi pendekatan saintifik dengan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di madrasah ibtidaiyah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 174-191.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian berpikir kritis pada metode inkuiri. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 74-84).

Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri di Abad ke 21: Kajian Literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Taurina, N. D., & Wasitohadi, W. (2015). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga pada Siswa Kelas 5 SDN Lodoyong 03–Ambarawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 15-35.

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74-78.

Anggreati,R. 2022, (November 28). Jalan Pemulihan Pembelajaran Dengan Kurikulum Merdeka. Medcom.id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ObzmxogN-jalan-pemulihan-pembelajaran-dengan-kurikulum-merdeka.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Robbi, A. D. F. ., Jannah, L. H., Fauziyah, N., Novianti, R. D., Mahardika, I. K., & Bektiarso, S. (2022). Peranan Alat Peraga Terhadap Pemikiran Inkuiri Siswa. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(1), 27–31. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.85