Penerapan Media Kancing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak di TPA Fathina
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i1.88Keywords:
Konsep bilangan, media kancingAbstract
Penelitian tindakan Kelas yang dilaksanakan di TPA Fathina kabupaten Majene. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak TPA Fathina kabupaten Majene yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022 dalam dua siklus, dimana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari lima pertemuan , demikian pula halnya dengan Siklus II. Hasil penelitian di TPA Fathina mengalami peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori baik
References
Aini, M., Rahma., Fithri, R. (2022). Pengaruh Media Kancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Anak Kelas B. Talenta Journal. 13(1). 12-19.
Iskandar, N. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kuda Lompat terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Matematika Kelas III SD Negeri 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Khaeroni, M. (2018). Perkembangan Anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 3(1). 1-12.
Khotimah, H (2008). Pembelajaran Menghitung dengan Menggunakan Jarimatika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berhitung Siswa MI Muhammadiyah Candirejo Ngawen Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses tanggal 15 Februari 2019 (online).
Megawati, R. (2021). Penerapan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST). 4(1). 40-45. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i1.64
Rukmansyah (2006). Kamus Pintar Matsains. Bandung. Epsilon Grup
Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.