Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengaruh Kalor TerhadapKehidupan Siswa Kelas V UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.9Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan proses belajar dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan, siswa kelas V UPTD SDN 72 Pakalu Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 63% dengan nilai rata-rata 68. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 85.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing mengalami peningkatan yang signifikan.
References
Aniati, Ni Putu Eka Restiti., Dewa N, S., & Komang, S. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4(1): 1.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang NO 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Djamarah, S. B., dan A. Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Darussalam: Syah Kuala University Press.
Hidayat, Isnu. 2019. 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Hidayat, Ujang S. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
Isrok’atun., Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kawanan, Enjelita., Lukman., Zaid Z. 2021. Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Tana Toraja. Journal Of Education. Vol 1(1): 70-71.
Maryam, S. M., Zainal, Z., & Armila. 2019. Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2(1): 2.
Masruroh, Iffah., Mohammad Taufiq., M Thamrin Hidayat., Syamsul Ghufron. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioedusiana. Vol. 4(2): 107.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 6(2): 153.
Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Pulukadang, W. T. 2021. Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.
Putra, A. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Rustiyarso., Tri Wijaya. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.
Sakti, M. Nawa Syarif Fajar. 2020. Santriducation 4.0 Antara Tradisi dan Modernisasi di Era Revolusi Industri. Jakarta: P.T Elex Media Komputindo.
Saputra, Hendra. Dani., Faisal Ismet., Andrizal. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Vol. 18(1): 26.
Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Publikasi Pendidikan. Vol. 20(20): 3.
Sunarsih, Diah., Novi Yulianti. 2021. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Active Learning. Klaten: Lakeisha.
Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: STT Jaffary.
Zainal, Z., & Maryam, S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science. Vol. 5(2): 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.