Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Hasriyani Syarifuddin

DOI:

https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.90

Keywords:

Implementasi, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Pinrang. (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Pinrang. Fokus penelitian ini adalah indikator pendekatan saintifik. Sumber data dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Instrument penelitian ini terdiri dari peneliti dan instrument pendukung berupa pedoman observasi, wawancara, dan pedoman analisis RPP. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang telah dilaksanakan dengan baik. Guru melaksanakan  kegiatan pembelajaran berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) meskipun belum maksimal. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, sampai pada kegiatan penutup. Penerapan pendekatan saintifik dilakukan secara berurutan sesuai dengan Permendikbud No.81A Tahun 2013, proses pembelajaran dilakukan dengan penerapan metode ilmiah yang mencakup kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan saintifik di kelas XI yaitu, terdapat karakteristik yang berbeda-beda serta cara siswa memahami materi yang diberikan. Sarana dan prasana penyediaan sumber belajar, seperti buku paket siswa dan guru belum memadai sebagai bagian yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran.

References

Alhamid, T., & Anufia, B. 2019. Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di middle grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20-31.

Hosman. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonessia.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 113-126

Kirom, A. 2017. Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69-80.

Muhammad, F. (2017). Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMA YP UNILA Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). Rijal, F. (2018). Guru profesional dalam konsep kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17.

Seillariski, I. (2015). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rembang. Semarang: Unversitas Negeri Semarang.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Utami, I. B. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Kulon Progo. BASIC EDUCATION, 4(7).

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Syarifuddin, H. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 . J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 259–269. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.90