Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Fisika SMA/MA Berdasarkan Masa Kerja di Kabupaten Majene
DOI:
https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.98Keywords:
Pedagogical Content Knowledge, guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru Fisika SMA/MA berdasarkan masa kerja di Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain Studi Kasus. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu empat guru Fisika dari empat sekolah yang berbeda di Kabupaten Majene. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman diantaranya pengumpulan data, transkrip data, kodingan, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan antara kemampuan PCK guru >10 tahun dan guru <10 tahun dalam mengajar yang dikelompokkan ke dalam lima tema, yaitu pengetahuan guru terhadap karakteristik peserta didik, pengetahuan guru terhadap kurikulum, strategi yang diminati peserta didik, pilihan media dan sumber belajar guru, dan penilaian guru terhadap hasil belajar.
References
Agustina, P. (2015). Pengembangan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 1-15.http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.323
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Masalah – Masalah Sosial, 4(1), 65- 74. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i1.480
Anwar, Y., Rustaman, N.Y., Widodo, A. & Redjeki, S. (2014). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi Yang Berpengalaman Dan Yang Belum Berpengalaman. Jurnal Pengajaran Mipa, 19(1), 69-73. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.36155
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117- 134. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/181
Susilowati, I. (2018). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pendidik Sejarah Se Kabupaten Jamber. [Skripsi Univesitas Jamber]. Repository Universitas Jamber. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91020
Ayuningtyas, A.D & Apriandi, D. (2019). Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan matematika, 3(2), 199-130 https://doi.org/10.25217/numerical.v3i2.616
Bahriah, E.S. (2017). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Kimia MA/SMA. Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 2(1), 73-87. http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1298
Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan: Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D: Alfabeta Bandung.
Creswell, J.W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran: Pustaka Belajar
Nurfaizah, Farhan, A., & Soewarno. (2017). Pelaksanaan pendekatan scientific pada pembelajaran fisika di sma negeri di kabupaten pidie. Jurnal ilmiah mahasiswa (jim) pendidikan fisika. 2 (3), 299-302. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/5665
Hamdi, S., Triatni, C., & Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. Sususan Artikel Pendidikan. 7(1), 10-17. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/13015/4867
Anggraeni, N.E,. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan IPA. 2(1), 72-79. Https://Doi.Org/10.19184/Se.V2i1.11796
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat. 3(1), 171-187. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/
Mustafa, P.S & Masgumelar, N.K. (2022). Kajian Review: Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. 8 (1), 31-49. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
Peraturan manteri Pendidikan nasional republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.